Kamis, 07 Juni 2018

Faktor Kekuatan Mental Bantu Halep Menuju Semifinal



topikid - Simona Halep berhasil menuju ke semifinal Prancis Terbuka 2018 dimana faktor mental yang banyak mempengaruhinya. Pada set awal sempat tertinggal dalam menghadapi Angelique Kerber, favorit utama turnamen itu berhasil membalikkan keadaan.
  
Petenis asal Rumania itu pun mengakuinya. Menurutnya, kekuatan mental merupakan kunci kemenangannya atas mantan petenis nomor satu dunia dari Jerman, Kerber, yang berkedudukan akhir 6-7 (2-7), 6-3, 6-2.
"(Pertandingan) benar-benar tentang mental. Dan juga fisik, pasti, tapi secara mental saya kuat," tegas Halep, seperti melansir dari WTA Tennis.
Saat permainan diawali dengan lebih lambat, Halep mencoba untuk meningkatkan tingkat permainannya. Sayangnya, itu sudah terlambat, pasalnya dia menderita kekalahan dalam tiebreak. "Sebenarnya, saya ingin melupakan game-game itu," dia tersenyum sesudahnya.

"(Itu) tidak sama seperti yang ingin saya mainkan. Saya terlalu sering terburu-buru di awal. Saya ingin benar-benar melakukan terlalu banyak hal. Itu sulit karena bolanya sangat rendah, dan Anda tidak memiliki banyak peluang untuk menyelesaikan poin dari sana," jelas petenis 26 tahun itu.

Usai kehilangan set pertama, Halep mampu kembali dan menemukan irama permainan. Dia mengulangi lagi kemenangan atas Kerber, yang pernah dilakukannya di semifinal Australia Terbuka awal tahun ini. Di Melbourne, Halep juga mendulang kemenangan tiga set 6-3, 4-6, 9-7.

"Saya tahu apa yang harus saya mainkan untuk terus bermain pada set berikutnya. Dan ketika saya mematahkan servis pertamanya, saya merasa lebih percaya diri dan saya merasa saya memiliki permainan di tangan saya. Jadi saya harus tenang dan terus berusaha," terang petenis yang saat menempati urutan satu dunia.

Dalam dunia olahraga, kekuatan mental bisa menjadi siklus yang baik, dan hal tersebut dibuktikan Halep. "(Ini) menunjukkan bahwa saya memiliki cukup kesabaran, saya memiliki kekuatan yang cukup di dalam untuk tetap tenang dan memainkan apa yang saya miliki dalam melawannya. Karena Anda harus berada di level tertinggi untuk mengalahkannya," tukasnya.

Pertandingan berikutnya, Halep akan terlibat perebutan tempat ke final dengan bintang tenis Spanyol, Garbine Muguruza, yang menaklukkan juara Prancis Terbuka dua kali, Maria Sharapova 6-2, 6-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar