Kamis, 05 Juli 2018

JK dan Anies Hadiri Hari Kemerdekaan Amerika di Dubes AS





jurnalhub - Negeri Paman Sam sedang merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-242. Perwakilan Kedutaan Besar AS di Jakarta juga memeriahkan perayaan pada tanggal 4 Juli tersebut.

Bertempat di kediaman resmi Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan di kawasan Menteng, semalam, perayaan hari jadi Amerika itu berlangsung cukup meriah. Sejumlah pejabat mulai dari  Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Sandiaga Uno, hingga Ketua DPD Oesman Sapta Odang hadir dalam acara tersebut.

Dubes Donovan dalam sambutanya mengatakan bahwa AS siap memperkuat hubungan strategis dengan Indonesia. Terlebih, tahun depan akan menjadi tahun spesial karena akan menjadi peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Kemitraan ini dibangun atas dasar nilai-nilai yang sama, toleransi, saling menghormati dan menjunjung tinggi hak-hak warga negara. Kerja sama kedua negara juga menunjukkan respons positif, seperti di sektor perdagangan, investasi, keamanan, pendidikan hingga kontak orang per orang," ucap Donovan, semalam.

Diplomat Amerika ini mengatakan, hubungan kemitraan kedua negara diangap berhasil karena tidak adanya pesaing, perdagangan berlangsung adil, kebebasan navigasi di laut, serta masyarakat yang bebas. Keberhasilan ini, lanjut Donovan, turut didukung oleh persamaan AS dan Indonesia sebagai negara demokrasi dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya harap Kedutaan Besar Amerika di Indonesia bisa lebih bekerja sama pada peringatan hubungan bilateral ke-70 nantinya. Dan saya rasa momentum itu akan tepat sekali dimulai, salah satunya ditandai dengan akan diresmikannya gedung kedutaan kami yang baru akhir tahun ini,” ujar Donovan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar