Sabtu, 14 April 2018

Tempat-tempat Terbaik Untuk Melihat Aurora Borealis







pojokwarta-Fenomena alam yang sangat indah yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer disebut Aurora borealis atau Cahaya Utara. Di planet Bumi, Aurora Borealis sering terlihat di daerah sekitar kutub Utara, antara bulan September-Oktober, dan Maret-April. Jadi sangat tidak mungkin kita bisa melihat aurora di Indonesia.
 
Untuk melihat dapat aurora borealis yang indah, kamu harus pergi ke tempat-tempat di sekitar kutub utara yang memiliki suhu sangat dingin. Namun pergi ke wilayah yang cukup jauh dari Indonesia itu sangat  sepadan dengan apa yang akan kamu lihat, pemandangan fenomena alam yang kamu saksikan kan itu sangat indah dan mungkin hanya sekali seumur hidup anda saksikan.
Berikut adalah tempat-tempat terbaik untuk menyaksikan aurora borealis
  1. Luosto , finlandia
Layaknya negara lain, Finlandia memilik tujuan wisata yang cukup banyak dan menawarkan pesona yang luar biasa. Selain danau Saimaa dan Savonlinna, Taman Nasional Lemmenjoki. Negara dengan ibukota Helsinki ini mempunyai pemandangan fenomena alam yang membuat para wisatawan tidak berkediip.
Meskipun tempat ini sangat kecil, tapi di sana ada sebuah hutan yang jadi daya tarik wisatawan. Di hutan tersebutlah, tempat terbaik untuk melihat keindahan aurora borealis yang menyebar dari satu sisi cakrawala ke cakrawala lainnya.
  1. Islandia
Negara ini adalah negara dengan angka polusi yang kecil. Dengan keadaan ini, langit utara Finlandia bisa mempesona para turis dengan menyajikan aurora yang luar biasa selama sekitar 200 malam dalam setahun.
Kamu bisa menyaksikan aurora borealis hampir di semua tempat di Islandia. Kamu bisa menyaksikan aurora di pantai saat malam hari, atau di Taman Nasional Pingvellir di mana kamu akan melihat aurora dalam jarak yang sangat dekat.
Saariselkae yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia adalah tempat yang tak kalah indah untuk menikmati aurora.
  1. Fairbanks, Alaska
Tempat terbaik untuk melihat aurora di Alaska adalah di daerah Fairbanks. Di sana pemandangan  aurora dengan cahaya hijau yang sangat indah. Menurut Biro Pengunjung Fairbanks, jika kamu tinggal di Fairbanks selama tiga hari antara bulan September dan Maret, kamu memiliki peluang sebesar 80 persen untuk melihat aurora.
Universitas Fairbanks Alaska membantu menyediakan alat pemantauan Aurora Borealis dan kunjungan museum. Kunjungan ini merupakan salah satu cara untuk bisa mempelajari fakta dan mitos yang yang terjadi mengenai cahaya tersebut secara lebih dalam.
  1. Tromso, Norwegia
Letak geografis Norwegia yang terletak di atas Lingkaran Arktik membuatnya jadi tempat paling populer untuk menyaksikan aurora. Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, namun yang terbaik adalah Tromso.
Tromso menyajikan festival yang ditujukan untuk menghormati dewa fajar. Pada saat fajar pertama menyentuh tanah Tromso, festival cahaya utara dimulai. Festival ini dirayakan di seluruh wilayah Tromso dan diisi dengan musik, makanan dan cemilan.
Tromso terletak di 571 km dari lingkaran Artik. Aurora Borealis bisa dilihat sekitar pukul 18.00 sore sampai pukul 1.00 malam setiap dua kali sehari. Cuaca memiliki peran penting dalam pertunjukan aurora, jadi sering-seringlah melihat perkiraan cuaca.
Januari adalah bulan terbaik untuk berkunjung. Ingat, udara Tromso benar-benar dingin, pastikan Anda membawa persediaan baju dingin yang cukup.Kota ini mudah diakses oleh orang di seluruh dunia dan memiliki iklim pantai yang ringan yang membuatnya jadi tempat terbaik untuk menyaksikan aurora. Lebih indah lagi bila aurora di saksikan di danau pada saat malam hari.
  1. Kepulauan Faroe, Denmark
Kepulauan Faroe adalah tempat terbaik untuk melihat Cahaya Utara di Denmark Jika kondisi cuaca mendukung. Pasalnya Faroe terletak di antara Skotlandia dan Finlandia. Waktu paling ideal untuk menyaksikan aurora di Kepulauan Faroe adalah pada akhir Agustus hingga pertengahan April. Selain aurora, kamu juga bisa menyaksikan ribuan bintang bersinar di langit.
  1. Abisko, Swedia
Abisko adalah dataran tinggi di bagian utara Swedia. Desa kecil yang hanya dihuni oleh sekitar 150 penduduk lokal. Abisko diminati wisatawan pada musim panas (bulan Juli-Agustus) maupun pada musim dingin (Desember-Januari). Lokasinya yang berdekatan dengan danau besar dan juga dikelilingi pegunungan membuat Abisko cocok bagi para penyuka alam. Pemandangannya indah.
Ada banyak alasan kenapa para wisatawan meminati Abisko. Pertama, karena Abisko tempat yang cocok untuk berburu Aurora. Karena Abisko merupakan wilayah desa, tidak banyak cahaya lampu dari bangunan-bangunan di sana. Sedikit berjalan ke arah danau saja kita sudah mendapat gelap yang diperlukan untuk melihat Aurora.
Abisko terletak di puncak yang datar dengan iklim mikronya yang unik. Kondisi tersebut lah  yang membuat Abisko jadi tempat yang cocok untuk menyaksikan aurora borealis. Aurora yang muncul di daerah ini biasanya berbentuk tirai, spiral, busur dan korona.
  1. Siberia, Rusia
Seluruh langit daerah utara Rusia, termasuk Siberia, akan dinaungi Cahaya Utara atau Aurora Borealis dengan intensitas tinggi karena wilayah tersebut terletak dekat Lingkar Arktik.
Rusia Utara memberikan kamu banyak kesempatan untuk menyaksikan aurora. Siberia adalah tempat terbaik karena tingkat polusi cahaya di sana sangat rendah dan juga memiliki waktu malam yang lebih panjang. Tempat gas surya bertabrakan dengan medan magnet Bumi juga melewati area tersebut yang membuat aurora tampak lebih indah.
  1. Alberta, Kanada
Aurora hanya terjadi di lintang tinggi dan lintang rendah Bumi. Fenomena Aurora ditandai dengan langit yang tiba-tiba menjadi gelap, lalu muncul cahaya terang benderang yag indah. Biasanya cahaya tersebut akan berwarna merah, hijau, dan seperti lembayung.

tempat paling cocok untuk melihat Cahaya Utara atau aurora Boealis adalah di danau Superior dan daerah lain di Alberta Utara. Terutama di Taman Nasional Wood Buffalo dan Jasper, di mana melihat aurora di sini akan tampak lebih jelas. Pengunjung juga bisa bermain kereta seluncur di sana ketika musim salju.
  1. Kulusuk, Greenland
Fenomena aurora biasanya terjadi pada negara-negara yang terletak di dekat kutub utara dan kutub selatan. Aurora yang terletak di bagian utara disebut sebagai Northern Lights dan untuk bagian selatan disebut sebagai Southern Lights
Di Greenland adalah tempat yang cocok untuk bersantai sambil menyaksikan aurora yang menakjubkan. Karena pada di Greenand malam hari datang lebih awal dibandingkan temoat lain di seluruh dunia. Waktu terbaik untuk melihat aurora di sana adalah ketika musim dingin.
  1. Aberdeen, Skotlandia
 Skotlandia dikenal sebagai negara dengan cuaca berkabut, mendung dan badai yang tak ideal untuk menyaksikan langit malam. Namun ketapi ketika cuaca sedang mendukung, fenomena alam di langit malam di Skotlandia akan menyajikan pertunjukan aurora yang sangat indah, yang mungkin tidak dapat dilupakan seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar